welcome

terima kasih sudah mengunjungi blog saya

24 Mar 2010

PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MPP

Pendahuluan
Perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras dewasa ini, sangat memungkinkan setiap pengajar untuk mengembangkan materi pembelajaran bahasa dengan full multi media. Banyak program-program yang dapat digunakan, yang sudah siap pakai, salah satunya Microsoft Power Point 2003 (MPP). MPP adalah salah satu program aplikasi yang sudah terintegrasi dalam Microsoft Office 2003. Program ini sudah dikenal secara umum, namun dalam pembelajaran bahasa belum banyak yang dikembangkan. Masih banyak fitur-fitur yang dapat dikembangkan untuk pembelajaran bahasa karena bersifat full multi media (dapat memadukan semua unsur-unsur pembelajaran bahasa seperti Audio, Video, animasi dan lain-lain) dan dapat diprogramkan secara interaktif.
Pembelajaran bahasa Perancis dengan MPP yang telah diprogram secara interaktif akan sangat membantu pengajar dalam melaksanakan tugas mengajarnya, seperti waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien. Materi dapat disajikan berulang-ulang, dapat di up date sesuai kebutuhan, hasil akhir pembelajaran dapat dikontrol dan dievaluasi dengan mudah.

Pembahasan
Pada saat akan menyusun materi pembelajaran, tentu yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah program MPP, materi-materi pembelajaran seperti teks-teks, audio, video, program-program aplikasi yang sudah siap pakai, dan alamat-alamat situs yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Program aplikasi lain yang dapat digunakan untuk lebih memperindah tampilan dapat menggunakan Photoshop, Micromedia flash, firework dll. Berikut ini akan disajikan langka-langkah membuat materi pembelajaran bahasa Perancis dengan MPP.

Kesimpulan
Pembelajaran bahasa Perancis dengan Cd interaktif dengan menggunakan program aplikasi MPP dapat membantu meringankan tugas pengajar dan merangsang semangat belajar pembelajar. Pengajar dapat dengan mudah mengontrol materi yang diberikan, sementara pembelajar dapat mengulangi atau melihat kembali materi yang belum dimengerti. Kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar