welcome

terima kasih sudah mengunjungi blog saya

29 Mar 2010

E-Learning di sekolah Berbasis Multimedia

1. Pengertian
Yang dimaksud dengan Pembelajaran Multimedia adalah suatu kegiatan
belajar mengajar di mana dalam penyampaian bahan pelajaran yang disajikan kepada
siswa, guru menggunakan atau menerapkan berbagai perangkat media pembelajaran.
Adapun media pembelajaran itu sangatlah beraneka macam, baik itu dalam bentuk media
cetak, media / alat peraga ataupun media elektronik.
Media cetak sudah sangat lazim bagi guru maupun siswa, media cetak
meliputi buku paket, buku referensi, majalah, tabloid, koran, atlas / peta atau mediamedia
cetak lainnya. Alat peraga meliputi model / bentuk, globe, relief, gambar bagan,
alat musik, dll. Sedang media elektronik meliputi TV, Radio, Tape Recorder, OHP,
Komputer, LCD Proyektor, Slide, dll.
Secara khusus penulis membatasi permasalahan ini dengan pembahasan
penggunaan media elektronik / komputer, berikut dengan pemanfaatan hardware,
software dan alat - alat pendukung lainnya dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Komputer merupakan suatu alat yang canggih dan lengkap, karena dengan satu unit
komputer yang baik dapat difungsikan untuk berbagai keperluan, dan seorang guru yang
jeli tentunya dapat memanfaatkan perangkat canggih tersebut untuk keperluan
pembelajaran.
Bagi sekolah-sekolah yang sudah cukup mampu untuk mengadakan alatalat
tersebut, sudah semestinya guru-guru dianjurkan supaya dapat memanfaatkannya
dalam kegiatan pembelajaran. Karena disamping guru memperoleh pengalaman baru
dalam pembelajaran. Pembelajaran multimedia ini juga akan terasa menyenangkan bagi
siswa. Dan yang tak kalah pentingnya adalah metode pembelajaran seperti ini sangat
sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

PENTINGNYA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA
Ada banyak metode atau media pembelajaran yang diterapkan dalam
kegiatan belajar mengajar di kelas, salah satunya adalah pembelajaran dengan
multimedia. Tetapi masih sangat sedikit guru-guru yang menerapkan pembelajaran
multimedia, hal ini disebabkan terbatasnya perangkat multimedia yang dimiliki di
sekolah-sekolah.
Namun demikian pembelajaran dengan multimedia adalah satu-satunya
cara pembelajaran sambil mengenalkan perangkat teknologi modern atau maju,
dalam hal ini komputer.
Tantangan besar bagi dunia pendidikan untuk tidak membutakan
pengetahuan anak didik terhadap perkembangan ilmu dan teknologi sekarang ini.
Sangat disayangkan bila anak didik kita tidak mengenal atau tidak tahu dengan
pesatnya kemajuan teknologi tersebut. Dan lebih disayangkan lagi apabila di suatu
sekolah telah tersedia perangkat teknologi maju ( komputer ), jaringan internet
tetapi tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan pengetahuan.
Bagi penulis pengetahuan akan perangkat multimedia dan sarana
pendukung lainnya, sangat dibutuhkan di masa-masa sekarang ini. Pengetahuan
tentang perangkat multimedia dan kemampuan dalam memanfaatkannya adalah
suatu kebutuhan baik untuk guru maupun siswa. Jika kita tidak mengikuti
perkembangan Iptek yang sedang terjadi, kita akan selalu menjadi orang yang
tertinggal dan paling belakangan dalam pengetahuan Iptek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar